Scroll to top
header-int

Gelar Karya 2023-2024, Kreativitas Tanpa Batas

By Admin 1 - Selasa, 26 Des 2023, 08:33:00 WIB - 636 View
Share
Gelar Karya 2023-2024, Kreativitas Tanpa Batas

Gelar Karya 2023 yang diselenggarakan pada 22 Desember 2023 di SMP Negeri 1 Kalasan telah sukses besar dengan menghadirkan kreativitas tanpa batas dari siswa dan official. Acara ini menjadi wadah bagi bentuk kegiatan Proyek Penguatan  Profil Pelajar Pancasila kelas 7 dan kelas 8 untuk bersatu dan dipersembahkan kepada orang tua wali siswa.

Dengan tema "Harmony in Diversity," peserta Gelar Karya memamerkan hasil karya terbaik mereka dalam berbagai karya seperti tema kearifan lokal bagi kelas 7 dalam bentuk ragam produk batik ecoprint dan batik jumputan; seperti pasmina, daster, taplak meja, rompi, tas, dan topi. Sedangkan untuk kelas 8 dengan tema berkebhinekaan global menampilkan miniatur budaya 6 Propinsi di Indonesia; Papua, Maluku, Bali, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, dan Sumatera Barat, yang menampilkan ragam bahasa, pakaian adat, miniatur rumah adat, masakan khas, lagu daerah dan tarian tradisional. Acara ini menjadi ajang bagi siswa untuk memamerkan bakat dan kreativitas mereka kepada orang tua wali siswa.

Salah satu sorotan dari Gelar Karya adalah pameran batik ecoprint yang memukau kelas 7. Kain batik dari motif dedaunan yang ada di sekitar dalam tampilan harmoni, realis, dan konseptual memberikan pengunjung pengalaman visual yang mendalam dan inspiratif. Sedangkan siswa kelas 8 mendemonstrasikan proses dalam karya-karya mereka, menunjukkan bahwa keberagaman budaya Indonesia bukan hanya sekadar ekspresi estetika, tetapi juga sarana untuk menyampaikan gagasan dan perasaan.

Selain itu, pengunjung dapat merasakan keunikan melalui hasil karya yang dipajang di sepanjang stand pameran di halaman depan sekolah. Penggunaan asesori pakaian adat yang  dikenakan bapak-ibu guru sesuai daerah yang dikehendaki memberikan dimensi ekstra yang menciptakan keterlibatan dan dukungan bagi siswa kelas 7 dan kelas 8.

Gelar Karya juga menyediakan panggung bagi para siswa dengan menyajikan tarian flash mob karya mbak Inez, tarian-tarian khas dari masing-masing propinsi, dan peragaan busana adat. Gelar Karya juga di hadiri tamu undangan khusus, diantaranya Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Bapak Drs. Ery Widayana, M.M, Perwakilan BPMP DIY, Panewu Kalasan Bapak Djoko Muljanto, SP, Pengawas Sekolah Bapak Supriyadi, M.Pd., Komite Sekolah Bapak Subarjo dan Ibu Wikan.

Dalam sambutannya, Bapak Suryantoro, S.Pd. menyampaikan apresiasi kepada semua siswa dan kreator yang telah berpartisipasi dalam Gelar Karya ini. "Gelar Karya bukan hanya tentang mengeksplorasi keindahan visual, tetapi juga tentang implementasi karakter Profil Pelajar Pancasila bagi siswa kelas 7 dan kelas 8. Kami berharap bahwa melalui acara ini, orang tua wali siswa dapat lebih menghargai dan mendukung perkembangan budaya di wilayah kita," ujar Suryantoro.

Gelar Karya resmi di buka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman Drs. Ery Widayana, M.M, beliau menyampaikan apresiasi kepada SMP Negeri 1 Kalasan atas dedikasinya mendukung merdeka belajar, menerapkan pembelajaran berdeferensiasi sehingga kedepan anak-anak memiliki bekal minat, bakat dan ketrampilan yang akan mendukung skil profesionalnya di masa mendatang. Gelar Karya ini berhasil menciptakan ruang untuk bersatu, berbagi ide, dan menghargai keanekaragaman potensi individu siswa. Dengan kesuksesan ini, diharapkan Gelar Karya akan menjadi tradisi tahunan yang terus memotivasi dan menginspirasi siswa untuk terus berkarya dan mengembangkan bakat mereka. Adm-01


Video Terkait :



14 Des 2023, 08:51:49 WIB

SMP Negeri 1 Kalasan Goes to Bali

31 Mei 2023, 12:01:57 WIB

Informasi PPDB Tahun Pelajaran 2023/2024

Tulis Komentar

Komentar dari Facebook

Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Spensaka SMP NEGERI 1 KALASAN

Alamat : Jalan Yogya-Solo km14 Glondong, Tirtomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta

Telepon : 0274-496122

Posel : smpn1kalasan@gmail.com

Laman : SMP N 1 Kalasan

Hak Cipta © 2024 SMP Negeri 1 Kalasan