Scroll to top
header-int

Penampilan SMP N 1 Kalasan di Kuis Cerdas TVRI

By Admin SMP N 1 Kalasan - Selasa, 23 Apr 2013, 13:38:27 WIB - 749 View
Share
Penampilan SMP N 1 Kalasan di Kuis Cerdas TVRI

Spensaka News. Sabtu (20/4) SMP N 1 Kalasan berkompetisi dalam ajang Semifinal dan final Kuis Cerdas TVRI. Sekilas mengenai Kuis Cerdas TVRI. Kuis Cerdas merupakan progaram edukasi yang terselenggara atas kerjasama TVRI Jogja dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY. Kuis Cerdas dimaksudkan sebagai sarana kompetisi edukasi sekolah-sekolah di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, baik jenjang Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah Pertama, maupun jenjang Pendidikan Menengah Atas; yang meliputi mata pelajaran yang ada dalam Ujian Nasional. Tak hanya kemampuan akademik, Kuis Cerdas juga menampilkan kreatifitas seni dari masing-masing sekolah peserta, dan ini merupakan program atraktif dalam dunia pendidikan.

Pada babak penyisihan Spensaka menampilkan trio vokal Laras (8D), Arum (8D) dan Firamida M. dengan membawakan tembang dolanan Padang Bulan. Untuk melihat jalannya Kuis Cerdas TVRI Jogja, dapat kita saksikan setiap hari Rabu pukul 15.00 WIB. Perjalanan menuju final Kuis Cerdas cukup panjang, sebelumnya Sekolah peserta Kuis Cerdas diseleksi pada Tingkat Kabupaten. Tahun ini Kabupaten Sleman mewakilkan 3 sekolah, yaitu SMP N 1 Kalasan, SMP IT Bina Umat, dan SMP IT Alam Nurul Islam. Pada babak penyisihan grub Kabupaten Sleman, Husnul Latifah (8D), Ega Ayusila (8D) dan C. Disya Bening P. (8B); wakil SMP N 1 Kalasan beradu dengan wakil SMP IT Bina Umat dan SMP IT Alam Nurul Islam pada tanggal 8 April 2013 kemarin. SMP N 1 Kalaasn a.k.a. Spensaka tampil sebagai pemenang grub Kab. Sleman dengan perolehan nilai 1300 dan berhak masuk ke babak semifinal pada tanggal 20 April 2013.

Jalannya Perlombaan
Sabtu (20/4) babak semifinal yang dinantikan datang juga, pukul 11.00 tim Lomba Kuis Cerdas Spensaka dengan 3 mobil menuju TVRI Jogja. Didampingi Ibu Kepala Sekolah langsung, Hj. Muji Rahayu, M.Pd, beserta Bapak-Ibu Guru pendamping dan tak lupa siswa-siswi sebagai suporter. Setelah sempat terjadi kemunduran jadwal rekaman, pada jam 14.10 babak semifinal grub 2 di mulai. Pada babak semifinal grub 2 ini wakil Kab. Selman, SMP N 1 Kalasan, bertemu dengan wakil Kab. Bantul SMP N 1 Pleret dan wakil Kodya Yogyakarta SMP Don Bosco Yogyakarta. Babak pertama perolehan poin berjalan ketat, SMP N 1 Kalasan berbagi poin sama 400 dengan SMP Don Bosco, sedangkan SMP N 1 Pleret memperoleh point 300. Tetapi pada babak ke dua (pertanyaan lemparan), keadaan berbalik, SMP N 1 Pleret berhasil menggungguli 2 peserta lain dengan nilai 700. Spensaka memperoleh nilai 400. Kita tinggalkan ketegangan perlombaan sejenak. Pada pengisian pentas seni kali ini Spensaka diwakili V. Rosanda (9C). Dengan vokal merdunya Rosa berhasil memukau hadirin yang menyaksikan Kuis Cerdas TVRI dengan lagu Indonesia Jaya. Berlanjut ke babak rebutan, dominasi SMP N 1 Pleret tampaknya tidak terbendung. Hingga akhirnya SMP N 1 Pleret berhasil memenangkan babak semifinal grub 2. Sedangkan SMP N 1 Kalasan sebagai runner up dengan memperoleh nilai akhir 900. Kebetulan point ini sama dengan SMP 2 Wates  yang menjadi runner up babak semifinal grub 1. Dengan demikian perjuangan Spensaka ke babak final harus ditentukan dengan 5 pertanyaan rebutan. Dan akhirnya Spensaka layak masuk ke babak final Kuis Cerdas setelah berhasil menggungguli SMP N 2 Wates.

Setelah istirahat 15 menit babak final dimulai. Pada babak Final ini SMP N 1 Kalasan bertemu dengan SMP N 1 Pleret wakil Kab. Bantul dan SMP N 3 Karangmojo wakil dari Kab. Gunungkidul. Jalannya perlombaan semakin sengit, babak pertanyaan wajib semua peserta sama-sama kuat berbagi angka 400. Selanjutnya pada babak kedua, pertanyaan lemparan, tampaknya wakil SMP N 1 Kalasan mulai terpecah konsentrasinya karena faktor kelelahan. Pada babak kedua ini SMP N 1 Kalasan tertinggal dari 400 poin dari para pesaingnya. Walaupun sempat tertinggal Husnul dan kawan-kawan tetap berjuang dengan gigihnya. Perjuangan membuahkan hasil dengan unggul 200 poin memimpin di babak rebutan, akan tetapi apaboleh buat, spensaka tetap tidak mampu melampaui ketertinggalannya di babak lemparan. Sayang sekali 90 detik hanya cukup untuk 4 pertanyaan rebutan. Akhirnya setelah jumlah perolehan nilai komulatif ditampilakn, Spensaka harus merelakan  juara 1 kepada SMP N 1 Pleret dan juara 2 untuk SMP 3 Karangmojo.

Hasil akhir, SMP N 1 Kalasan berhasil meraih juara 3 dalam babak final Kuis Cerdas TVRI untu  tingkat SMP. Walaupun demikian perjuangan wakil-wakil Spensaka sampai babak final ini patut di berikan apresisi yang tinggi, khususnya dalam menorehkan prestasi perlombaan di tingkat Provinsi DIY. Selamat dan sukses kepada tim Kuis Cerdas SMP N 1 Kalasan, Husnul Latifah (8D), Ega Ayusila (8D) dan C. Disya Bening P. (8B), semoga pengalaman hari ini menjadi pemicu lahirnya prestasi-prestasi siswa-siswi SMP N 1 Kalasan yang lebih tinggi pada ajang-ajang perlombaan yang lainnya. Amin...(br-adm)





Minggu, 28 Mar 2013, 13:38:27 WIB

By : Admin SMP N 1 Kalasan 951 View
Story Telling Spensaka 2013
Senin, 26 Nov 2012, 13:38:27 WIB

By : Admin SMP N 1 Kalasan 787 View
Gerak Jalan Peringatan Hari Guru: Sehat Dapat, Senang Dapat!
Jumat, 09 Nov 2012, 13:38:27 WIB

By : Admin SMP N 1 Kalasan 1016 View
OSIS, Bukan Penghambat Untuk Meraih Presatasi!
Kamis, 11 Okt 2012, 13:38:27 WIB

By : Admin SMP N 1 Kalasan 3648 View
Selangkah Lagi Menuju Puncak!

Tulis Komentar

Komentar dari Facebook

Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Spensaka SMP NEGERI 1 KALASAN

Alamat : Jalan Yogya-Solo km14 Glondong, Tirtomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta

Telepon : 0274-496122

Posel : smpn1kalasan@gmail.com

Laman : SMP N 1 Kalasan

Hak Cipta © 2021 SMP Negeri 1 Kalasan Follow SMP Negeri 1 Kalasan : Facebook Twitter Flickr Youtube Instagram