Scroll to top
header-int

3 Wakil SMPN 1 Kalasan Sabet Juara pada MTQ Pelajar DIY 2014

By Admin SMP N 1 Kalasan - Minggu, 30 Okt 2014, 10:55:30 WIB - 1079 View
Share
3 Wakil SMPN 1 Kalasan Sabet Juara pada MTQ Pelajar DIY 2014

 

Kembali, hasil menggembirakan ditorehkan oleh siswa-siswi SMP N 1 Kalasan. Kali ini diperoleh dalam ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Pelajar tingkat Propinsi DIY tahun 2014. Tiga siswa yang mewakili Kabupaten Sleman semuanya memperoleh juara. Ketiga siswa tersebut adalah Rosalina Damayanti (IXF), Dikki Tri Haryanto (VIIIB), dan Muhammad Akif Miftahun Najakhi (VIIIF).


Bertempat di SMK N 2 Pengasih Kulon Progo, kafilah MTQ tingkat SD, SMP, dan SMA/SMK dari empat Kabupaten, yaitu Sleman, Gunung Kidul, Bantul, dan tuan rumah Kulon Progo serta satu Kotamadya (kota Yogyakarta) hadir, dimana mereka adalah wakil terbaik yang sebelumnya telah diseleksi pada tingkat kota/kabupaten. Acara sendiri dibuka oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemda DIY, Sulistyo SH., CN., M.Si., mewakili Gubernur D.I Yogyakarta, Sri Sultan HB X.


Para peserta MTQ mengerahkan kemampuan terbaik mereka dan apa yang telah ditampilkan dinilai oleh Dewan Hakim yang beranggotakan 3 orang. Tiga siswa perwakilan SMP N 1 Kalasan berhasil menyabet juara. Rosalina Damayanti berhasil memperoleh juara III pada cabang Kaligrafi Putri, Dikki Tri Haryanto memperoleh juara II pada cabang Musabaqah Adzan, dan Muhammad Akif Miftahun Najakhi mendapat juara I pada cabang Musabaqah Kutbah Jumat (MKJ). Ketiganya mendapatkan thropy, piagam, dan uang penghargaan. Dari hasil kalkulasi, juara umum tingkat SD dan SMP diraih oleh Kabupaten Sleman dan juara umum tingkat SMA/SMK diraih oleh Kota Yogyakarta. Sedangkan secara keseluruhan dari tiga tingkat sekolah, juara umum MTQ tahun 2014 diraih oleh Kota Yogyakarta.


Ajang MTQ yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga DIY bersama Kementerian Agama D.I Yogyakarta tiap tahun ini merupakan wadah bagi peserta didik untuk mengembangkan potensi dan menyalurkan bakat yang dimiliki khususnya di bidang keagamaan. Selain itu kegiatan ini menjadi salah satu bentuk evaluasi kegiatan belajar mengajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.
Bagi SMP N 1 Kalasan, hasil yang dicapai pada MTQ Pelajar tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya, karena pada tahun 2013 kemarin SMP N 1 Kalasan hanya memperoleh satu hasil, yaitu juara I cabang Pidato Keagamaan Putri.